Jumat, 17 Februari 2017

PENGEMBANGAN PRODUK SARI KEDELAI




TUGAS 
PROSES PENGEMBANGAN PRODUK SARI KEDELAI
MATA KULIAH            :KOMERSIALISASI DAN PEMASARAN PRODUK


HASNI
1422060353
AGROINDUSTRI XXVII A


POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PANGKEP
2017

 

“PROSES PENGEMBANGAN PRODUK SARI KEDELAI”
A.    Ide Pembuatan Produk
Ide pembuatan produk ini karena Kedelai mempunyai potensi yang amat besar sebagai sumber utama protein bagi masyarakat. Sebagai sumber protein yang tidak mahal, kedelai telah lama dikenal dan dipakai dalam beragam produk makanan, seperti tahu, tempe, tauco, dan kecap. Sari kedelai adalah salah satu hasil pengolahan yang merupakan hasil ekstraksi dari kedelai. Protein sari kedelai memiliki susunan asam amino yang hampir sama dengan susu sapi sehingga sari kedelai seringkali digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi terhadap protein hewani. Sari kedelai merupakan minuman yang bergizi tinggi, terutama kandungan proteinnya.
Sari kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam amino yang hampir sama dengan susu sapi. Keunggulan lain dari sari kedelai dibandingkan susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Sari kedelai mulai populer di kalangan banyak masyarakat sebagai pilihan baru selain susu sapi. Sari kedelai mudah didapat dan murah harganya. menurut kami dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki sari kacang kedelai dapat memberikan peluang pasar yang banyak diminati konsumen karena kepraktisan dan kandungan gizi  yang dimilikinya.
B.     Strategi pengembangan Produk
Strategi yang dipilih dalam ide pembuatan sari kedelai ini yaitu pengembangan produk yang ada dimodifikasi. Modifikasi dalam strategi pengembangan produk ini yaitu dengan memberikan berbagai macam cita rasa baru terhadap produk dan memberikan karakteristik atau ciri khas tersendiri terhadap hasil produksi yaitu dengan menampilkan hiasan yang menarik pada kemasan produk serta memperlihatkan kandungan gizi yang dimiliki produk tersebut.  
C.    Deskripsi produk
Sari kedelai merupakan hasil ekstrasi dari biji kacang kedelai. sari kedelai dikenal sebagai minuman fungsional, sebagai minuman yang bergizi tinggi, minuman yang merupakan hasil ekstraksi dari kedelai ini terutama sekali karena kandungan proteinnya, disamping mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Susunan asam amino hampir sama dengan susu sapi. Pembuatan sari kedelai cukup sederhana Hanya dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai. Melihat keadaan tersebut maka munculah ide pengembangan produk dengan melakukan inovasi terhadap produk sari kedelai agar berbeda dan terlihat lebih menarik daripada produk yang lain. Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dibungkus plastik dengan menampilkan nilai gizi produk.
D.    Analisis Peluang Pasar dan Pesaing
1.      Analisis Peluang Pasar
Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar kedelai ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar yang menjanjikan. Selain itu daya beli konsumen terhadap produk ini cukup bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menengah kebawah. Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
Metode pemasaran Sari Kedelai ini adalah dengan menyebarkan brosur-brosur pada masyarakat pada permulaan usaha, dengan membuat para konsumen merasa puas terhadap sajian produk dan pelayanan prima yang diberikan kepada konsumen akan mampu membuat mereka menyebarkannya pada orang sekampungnya (dari mulut kemulut).
Target pasar atau sasaran khusus dari produk yang telah diproduksi, harus disesuaikan dengan daerah dimana konsumen berada. Sebelum memproduksi suatu produk terlebih dahulu harus melakukan survey terhadap pasar atau selera konsumen yang menjadi tujuan dari produk tersebut supaya produk yang telah diproduksi dapat langsung dipasarkan kepada konsumen atau calon pembeli tanpa harus membuang-buang waktu lagi untuk mencari pelanggan atau konsumen produk yang telah dihasilkan. Sasaran awal pasar poduk sari kedelai ini adalah masyarakat di sekitar kampus dan lingkungan mahasiswa kampus.
2. Tingkat Persaingan
Melihat situasi di tempat yang akan dimasuki produk, sepertinya produk susu kedelai ini akan laku di pasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan sangat pas untuk ukuran dompet masyarakat umum khususnya mahasiswa.



E.     Analisis Pemasaran
1. Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah sari kedelai. Sari kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas dalam plastik. Pada plastik akan disablon dengan merk tertentu. Produk yang dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi. Sudah diketahui bahwa produk yang terbuat dari ekstrak kedelai ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh.
2. Place (lokasi/distribusi)
Adapun sasaran awal pasar poduk susu kedelai ini adalah masyarakat di sekitar Kampus dan lingkungan mahasiswa kampus.
3. Price (harga)
Strategi yang digunakan usaha sari kedelai ini untuk menarik perhatian konsumen dari segi harga yaitu dengan menawarkan harga yang relatif murah sehingga dapat dijangkau semua kalangan. Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari standar harga normal (misal pada saat cuaca panas atau ketika bulan puasa besar kemungkinan produk ini akan dibanjiri konsumen).


4. Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Strategi promosi yang dilakukan yaitu promosi dengan personal selling. Personal Selling adalah promosi melalui penjualan langsung ketempat konsumen berada dengan menawarkan dan mencoba produk secara langsung. Promosi dalam bentuk lain juga akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan sosial media lainnya.
F.     Analisis Operasional
1. Desain Produk
Sari kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas. Pengemasan di sini dilakukan karena  memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, karena pengemasan tidak sekedar memberi wadah dari dari produk yang dihasilkan tapi lebih pada pengembanan muatan misi dalam rangka persaingan pasar dan juga peningkatan penjualan. Di mana konsumen akan cenderung tertarik dengan produk yang dikemas dengan rapi dan menarik.
Fungsi kemasan tidak sebatas digunakan sebagai pelindung produk melainkan juga sangat mendukung terjaganya kualitas produk serta adanya peningkatan kelas (penampilan) yang baik. Jenis bahan kemasan  yang digunakan adalah plastik yang berbentuk seperti gelas.
Selain itu, pada kemesan juga akan diberi label. Pemberian label di sini tidak hanya sekedar tulisan, tapi di dalamnya terkandung pesan-pesan tertentu yang disampaikan pada konsumen. Dengan harapan produknya dapat dikenal oleh konsumen luas, sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan. Selain itu label juga berfungsi sebagai jaminan atas kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo nama usaha, nama dan alamat usaha , dan berat atau volume produk. Informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen tersebut terangkum dalam tulisan yang dicetak pada kemasan produk. Maka pada kemasan plastik akan disablon dengan label: merk dan juga  logo nama usaha , nama dan alamat usahas, dan berat atau volume produk serta rincian komponen gizi yang terkandung pada produk.
2. Proses Produksi
  1. Bahan:
      1. Kedelai
      2. Vanili
      3. Gula pasir
      4. sGaram
      5. Maizena
      6. Air mineral (galonan)
  2. Cara membuat:
a.       Kedelai dicuci dan dibersihkan dari kotoran-kotoran seperti pasir, tangkai, dan kulit kedelai, kemudian direndam kurang lebih 2 jam.
  1. Rebus kedelai yang telah bersih selama kira-kira 15 menit, lalu rendam dalam air bersih selama 12 jam kemudian Cuci sampai kulit arinya terkelupas, Lalu giling kedelai tersebut menggunakan mesin penggiling.
  2. Campur kedelai yang sudah halus dengan air panas. Aduk-aduk campuran sampai rata.
  3. Saring campuran dengan kain saring, sehingga diperoleh larutan/sari untuk susu kedelai.
e.        Tambakan gula pasir, vanili, coklat, dan garam ke dalam larutan susu, lalu aduk sampai rata dan panaskan hingga mendidih.
f.        Setelah dingin susu kedelai yang sudah mengalami beberapa proses atau langkah-langkah di atas maka dikemas dan kini siap untuk di pasarkan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar