TUGAS
PROSES
PENGEMBANGAN PRODUK SARI KEDELAI
MATA
KULIAH :KOMERSIALISASI
DAN PEMASARAN PRODUK
HASNI
1422060353
AGROINDUSTRI
XXVII A
POLITEKNIK
PERTANIAN NEGERI PANGKEP
2017
“PROSES PENGEMBANGAN PRODUK SARI KEDELAI”
A. Ide Pembuatan Produk
Ide
pembuatan produk ini karena Kedelai mempunyai potensi yang amat besar sebagai
sumber utama protein bagi masyarakat. Sebagai sumber protein yang tidak mahal,
kedelai telah lama dikenal dan dipakai dalam beragam produk makanan, seperti
tahu, tempe, tauco, dan kecap. Sari kedelai adalah salah satu hasil pengolahan yang
merupakan hasil ekstraksi dari kedelai. Protein sari kedelai memiliki susunan
asam amino yang hampir sama dengan susu sapi sehingga sari kedelai seringkali
digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi terhadap protein
hewani. Sari kedelai merupakan minuman yang bergizi tinggi, terutama kandungan
proteinnya.
Sari kedelai
memiliki kadar protein dan komposisi asam amino yang hampir sama dengan susu
sapi. Keunggulan lain dari sari kedelai dibandingkan susu sapi adalah tidak
mengandung kolesterol sama sekali. Sari kedelai mulai populer di kalangan
banyak masyarakat sebagai pilihan baru selain susu sapi. Sari kedelai mudah
didapat dan murah harganya. menurut kami dengan keunggulan-keunggulan yang
dimiliki sari kacang kedelai dapat memberikan peluang pasar yang banyak
diminati konsumen karena kepraktisan dan kandungan gizi yang dimilikinya.
B. Strategi pengembangan Produk
Strategi yang dipilih dalam ide pembuatan
sari kedelai ini yaitu pengembangan produk yang ada dimodifikasi. Modifikasi
dalam strategi pengembangan produk ini yaitu dengan memberikan berbagai macam
cita rasa baru terhadap produk dan memberikan karakteristik atau ciri khas
tersendiri terhadap hasil produksi yaitu dengan menampilkan hiasan yang menarik
pada kemasan produk serta memperlihatkan kandungan gizi yang dimiliki produk
tersebut.
C. Deskripsi
produk
Sari kedelai
merupakan hasil ekstrasi dari biji kacang kedelai. sari kedelai dikenal sebagai
minuman fungsional, sebagai minuman yang bergizi tinggi, minuman yang merupakan
hasil ekstraksi dari kedelai ini terutama sekali karena kandungan proteinnya,
disamping mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin
A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Susunan asam amino hampir sama
dengan susu sapi. Pembuatan sari kedelai cukup sederhana Hanya dengan teknologi
dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus,
siapapun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai. Melihat
keadaan tersebut maka munculah ide pengembangan produk dengan melakukan inovasi
terhadap produk sari kedelai agar berbeda dan terlihat lebih menarik daripada
produk yang lain. Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan
dibungkus plastik dengan menampilkan nilai gizi produk.
D. Analisis Peluang Pasar dan Pesaing
1.
Analisis Peluang Pasar
Peluang pasar untuk produk yang berbahan dasar kedelai
ini sangatlah besar melihat budaya masyarakat yang konsumtif dan peluang pasar
yang menjanjikan. Selain itu daya beli konsumen terhadap produk ini cukup
bervariasi dari konsumen elite hingga konsumen menengah kebawah. Produk ini
dapat dikonsumsi oleh semua golongan karena harganya yang relatif terjangkau
serta memiliki nilai kepuasan yang tinggi.
Metode pemasaran Sari Kedelai ini adalah dengan
menyebarkan brosur-brosur pada masyarakat pada permulaan usaha, dengan membuat
para konsumen merasa puas terhadap sajian produk dan pelayanan prima yang diberikan
kepada konsumen akan mampu membuat mereka menyebarkannya pada orang
sekampungnya (dari mulut kemulut).
Target pasar atau sasaran khusus dari produk yang
telah diproduksi, harus disesuaikan dengan daerah dimana konsumen berada.
Sebelum memproduksi suatu produk terlebih dahulu harus melakukan survey
terhadap pasar atau selera konsumen yang menjadi tujuan dari produk tersebut
supaya produk yang telah diproduksi dapat langsung dipasarkan kepada konsumen
atau calon pembeli tanpa harus membuang-buang waktu lagi untuk mencari
pelanggan atau konsumen produk yang telah dihasilkan. Sasaran awal pasar poduk
sari kedelai ini adalah masyarakat di sekitar kampus dan lingkungan mahasiswa
kampus.
2. Tingkat Persaingan
Melihat situasi di tempat yang akan dimasuki produk,
sepertinya produk susu kedelai ini akan laku di pasaran. Hal ini dikarenakan
harganya yang terjangkau dan sangat pas untuk ukuran dompet masyarakat umum
khususnya mahasiswa.
E.
Analisis
Pemasaran
1. Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah sari
kedelai. Sari kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas
dalam plastik. Pada plastik akan disablon dengan merk tertentu. Produk yang
dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi. Sudah diketahui bahwa
produk yang terbuat dari ekstrak kedelai ini memiliki kandungan gizi yang
bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh.
2. Place (lokasi/distribusi)
Adapun sasaran awal pasar poduk susu kedelai ini
adalah masyarakat di sekitar Kampus dan lingkungan mahasiswa kampus.
3. Price (harga)
Strategi yang digunakan usaha sari kedelai ini untuk
menarik perhatian konsumen dari segi harga yaitu dengan menawarkan harga yang
relatif murah sehingga dapat dijangkau semua kalangan. Penentuan harga jual
dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan
tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa
dinaikan dari standar harga normal (misal pada saat cuaca panas atau ketika
bulan puasa besar kemungkinan produk ini akan dibanjiri konsumen).
4. Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini
kepada konsumen. Strategi promosi yang dilakukan yaitu promosi dengan personal
selling. Personal Selling adalah
promosi melalui penjualan langsung ketempat konsumen berada dengan menawarkan
dan mencoba produk secara langsung. Promosi dalam bentuk lain juga akan
dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat
strategis lainnya. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat
facebook dan sosial media lainnya.
F. Analisis Operasional
1. Desain Produk
Sari kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan
dengan dikemas. Pengemasan di sini dilakukan karena memiliki peranan yang
sangat penting dalam dunia usaha, karena pengemasan tidak sekedar memberi wadah
dari dari produk yang dihasilkan tapi lebih pada pengembanan muatan misi dalam
rangka persaingan pasar dan juga peningkatan penjualan. Di mana konsumen akan
cenderung tertarik dengan produk yang dikemas dengan rapi dan menarik.
Fungsi kemasan tidak sebatas digunakan sebagai
pelindung produk melainkan juga sangat mendukung terjaganya kualitas produk
serta adanya peningkatan kelas (penampilan) yang baik. Jenis bahan
kemasan yang digunakan adalah plastik yang berbentuk seperti gelas.
Selain itu, pada kemesan juga akan diberi label.
Pemberian label di sini tidak hanya sekedar tulisan, tapi di dalamnya
terkandung pesan-pesan tertentu yang disampaikan pada konsumen. Dengan harapan
produknya dapat dikenal oleh konsumen luas, sehingga mudah dicari ketika
dibutuhkan. Selain itu label juga berfungsi sebagai jaminan atas kualitas
produk, sarana untuk merk dagang, logo nama usaha, nama dan alamat usaha , dan
berat atau volume produk. Informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen
tersebut terangkum dalam tulisan yang dicetak pada kemasan produk. Maka pada
kemasan plastik akan disablon dengan label: merk dan juga logo nama usaha
, nama dan alamat usahas, dan berat atau volume produk serta rincian komponen
gizi yang terkandung pada produk.
2. Proses Produksi
- Bahan:
- Kedelai
- Vanili
- Gula pasir
- sGaram
- Maizena
- Air mineral (galonan)
- Cara membuat:
a.
Kedelai dicuci dan dibersihkan dari kotoran-kotoran
seperti pasir, tangkai, dan kulit kedelai, kemudian direndam kurang lebih 2
jam.
- Rebus kedelai yang telah bersih selama kira-kira 15 menit, lalu rendam dalam air bersih selama 12 jam kemudian Cuci sampai kulit arinya terkelupas, Lalu giling kedelai tersebut menggunakan mesin penggiling.
- Campur kedelai yang sudah halus dengan air panas. Aduk-aduk campuran sampai rata.
- Saring campuran dengan kain saring, sehingga diperoleh larutan/sari untuk susu kedelai.
e.
Tambakan gula pasir, vanili, coklat, dan garam ke
dalam larutan susu, lalu aduk sampai rata dan panaskan hingga mendidih.
f.
Setelah dingin susu kedelai yang sudah mengalami beberapa
proses atau langkah-langkah di atas maka dikemas dan kini siap untuk di
pasarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar